:: Info Beasiswa Indonesia (Scholarship)5/20/2013

Beasiswa Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren – Universitas Islam Indonesia (UII)


Untuk menjadi mahasiswa unggulan pondok pesantren calon harus lulus salah satu pola seleksi, baik melalui pola seleksi CBT, PBT maupun PSB dan lulus tes khusus yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren UII. Penjaringan calon mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren ini memberikan beasiswa yang dibagi menjadi 2 (dua) tipe yaitu Beasiswa Penuh (Tipe A) dan Beasiswa Sebagian (Tipe B). Program Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren dikhususkan hanya bagi program studi jenjang Strata Satu (S1) semua fakultas kecuali Program Studi Pendidikan Dokter hanya dibolehkan untuk Tipe B.

Beasiswa Ponpes Penuh (Tipe A)
Jalur ini dibuka untuk mahasiswa (laki-laki dan perempuan) dengan mendapatkan beasiswa penuh berupa:



Pembebasan biaya studi yang meliputi: SPP selama masa studi, sumbangan Catur Dharma, Biaya Lembaga Kemahasiswaan, Biaya Praktikum, Biaya KKN dan Biaya Wisuda,
Pembebasan biaya pondokan dan fasilitasnya. Peserta yang diterima wajib mengikuti pendidikan dan melaksanakan/mengikuti kegiatan yang ditetapkan oleh Pondok Pesantren UII.
Syarat Khusus Penerima Beasiswa Penuh (Tipe A)

Dapat Berbahasa Arab dan Inggris secara aktif (memiliki TOEFL/TOEFL®ITP Score minimal 450) yang dibuktikan melalui tes lisan dan tertulis serta menyerahkan TOEFL/TOEFL®ITP Score minimal 450.
Nilai rata-rata rapor minimal 8,5 (delapan koma lima) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) minimal 7 (tujuh) yang dibuktikan dengan fotokopi rapor kelas XII dan Fotokopi Nilai UAN, masing-masing telah dilegalisasi.

Beasiswa Ponpes Sebagian (Tipe B)
Jalur ini membuka kesempatan kepada mahasiswa (laki-laki dan perempuan) dengan mendapatkan beasiswa berupa pembebasan biaya pondokan dan fasilitasnya. Walaupun demikian, peserta masih mendapat kesempatan memperoleh beasiswa internal (reguler) UII dan eksternal lainnya. Peserta yang diterima juga wajib mengikuti pendidikan dan melaksanakan/mengikuti kegiatan yang ditetapkan oleh Pondok Pesantren UII.

Syarat Khusus Penerima Beasiswa Sebagian (Tipe B)

Dapat Berbahasa Arab dan Inggris secara aktif (memiliki TOEFL/TOEFL®ITP Score minimal 400) yang dibuktikan melalui tes lisan dan tertulis serta menyerahkan TOEFL/TOEFL®ITP Score minimal 400.
Nilai rata-rata rapor minimal 8 (delapan) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) minimal 7 (tujuh) yang dibuktikan dengan fotokopi rapor kelas XII dan Fotokopi Nilai UAN, masing-masing telah dilegalisasi.
SYARAT UMUM DAN PROSEDUR PENDAFTARAN
Pendaftar harus menyerahkan:

SK Rektor yang menunjukkan bahwa pendaftar telah diterima dari salah satu jalur seleksi baik melalui CBT, PBT maupun PSB.
Formulir Pendaftaran sebagai Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren yang telah diisi.
Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi SMA/SMK/MA atau yang sederajat.
Fotokopi rapor kelas XII dan fotokopi Nilai UAN, masing-masing telah dilegalisasi, sesuai dengan syarat pada masing-masing tipe.
TOEFL/TOEFL®ITP Score dengan skor minimal sesuai persyaratan.
Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) dari POLRI yang menunjukkan calon berkelakukan baik.
Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau pimpinan pondok pesantren setempat yang menunjukkan calon berakhlak baik dan aktif beribadah.
Piagam/sertifikat/surat keterangan yang menunjukkan prestasi dan keaktifan berorganisasi.
Fotokopi akte kelahiran yang membuktikan usia maksimal 21 tahun.
Surat keterangan sehat dari dokter.
Calon mahasiswa membawa semua dokumen persyaratan umum dan khusus ke panitia PMB di Gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) Lantai 1 Kampus Terpadu Universitas islam Indonesia, Jalan Kaliurang, Km. 14,5 Sleman Yogyakarta.

TEMPAT DAN JADUAL SELEKSI
Penyerahan dokumen dan Ujian Masuk Pesantren (yang meliputi materi: Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Psikotes, dan Kepesantrenan) dilaksanakan di Gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang, Km. 14,5 Sleman Yogyakarta.

For more information, please visit official website: pmb.uii.ac.id.

Labels: , , ,


<< Home

Education and Training Blogs - BlogCatalog Blog Directory BlogRankers.com Find Blogs in the Blog Directory Resources Top Academics blogs Create Blog
Academics Blogs Other Languages Blog Directory TopOfBlogs Academics Blog
Blog Directory DigNow.org Academics Blogs World Top Sites Asia Top Websites and Blogs