:: Info Beasiswa Indonesia (Scholarship)5/29/2007

Beasiswa Pascasarjana Depag 2007

BEASISWA PROGRAM PASCASARJANA DIREKTORAT PENDIDIKAN MADRASAH DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM DEPARTEMEN AGAMA TAHUN 2007

A. Pendahuluan
Tugas pokok yang diemban Direktorat Pendidikan Madrasah adalah menyelenggarakan pendidikan pada madrasah dengan hasil yang sesuai sebagaimana diharapkan masyarakat. Masyarakat menghendaki lulusan madrasah yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, bisa diterima di perguruan tinggi negeri yang baik dan bagi yang ingin bekerja bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Untuk itu, siswa madrasah di berikan semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dan dengan menambah pelajaran Agama Islam yang lebih banyak.
Ada sejumlah madrasah yang telah mampu memenuhi harapan masyarakat dan mengungguli mutu yang dicapai sekolah. Namun, secara jujur disadari bahwa sebagian besar madrasah belum bisa memenuhi harapan masyarakat dan mutu pelajaran umum masih tertinggal dari sekolah. Banyak faktor yang menyebabkan adanya kesenjangan antara harapan masyarakat dengan hasil yang dilahirkan madrasah serta kesenjangan antara mutu madrasah dan sekolah. Salah satu penyebab utamanya adalah rendahnya kompetensi guru di bidang materi yang diajarkan kepada siswa di madrasah.

Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Madrasah telah bertekad untuk melakukan segala upaya agar madrasah secara bertahap mampu memenuhi harapan masyarakat dan mengurangi kesenjangan antara mutu pendidikan madrasah dengan sekolah umum. Salah satu upaya yang ingin segera dilakukan adalah dengan meningkatkan kompetensi guru di bidang substansi materi yang diajarkan. Pada tahun anggaran 2006, Direktorat Pendidikan Madrasah memberikan beasiswa penuh untuk program S-2 kepada guru dan pegawai di berbagai bidang studi yang penyelenggaraannya melalui kerja sama dengan 15 (lima belas) perguruan tinggi negeri utama di Indonesia. Sedangkan pada tahun anggaran 2007 ini, program yang sama masih dilaksanakan, bahkan mengalami berbagai peningkatan yang cukup signifikan, baik jumlah penerima beasiswa, bidang studi maupun perguruan tinggi sebagai mitra program ini. Info beasiswa depag lebih detail silahkan download filenya (ms word) di sini.

<< Home

Education and Training Blogs - BlogCatalog Blog Directory BlogRankers.com Find Blogs in the Blog Directory Resources Top Academics blogs Create Blog
Academics Blogs Other Languages Blog Directory TopOfBlogs Academics Blog
Blog Directory DigNow.org Academics Blogs World Top Sites Asia Top Websites and Blogs